Pages

Penjelasan Mengenai Fakta tentang Fitur HTML5

   Kembali masih membahas tentang HTML5,kali ini saya akan mengentrikan "Fakta tentang Fitur HTML5". Disini saya akan memberikan penjelasan menurut perspektif saya tentang fitur baru pada HTML5 yang merujuk pada referensi-referensi pada blog dan web yang saya baca. Pada entri sebelumnya saya sudah memberikan beberapa fitur baru yang ada pada HTML5 dan kali ini merupakan kelanjutan yang merupakan penjelasan tentang kegunaan fitur-fitur tersebut.

   Beberapa fitur-fitur HTML5:

HTML5 Canvas
Pada HTLM sebelumnya kita membutuhkan suatu aplikasi yang membantu kita untuk berhubungan dengan web kita, misalnya Flash atau Java. Namun pada HLML5 aplikasi tersebut akan diganti oleh elemen <canvas> pada HTML5 sebagai Canvas web -- kertas yang bisa dicoreti sesuai imajinasi -- atau dalam hal lain, Canvas memungkinkan kita untuk bereksperimen lebih pada HTML5. !

Audio dan Video
Versi HTML pendahulun kita harus menyisipkan flash untuk memutar audio/video untuk memutar audio/video, namun pada HTML5 akan dengan mudah menyisipkan file multimedia tersebut ke dalam webnya. Pada HTML5 ada tag <audio> dan <video> yang berfungsi untuk menyisipkan file audio dan video tentunya.

Web Workers
Pada web yang menggunakan HTML sebelumnya sering kali kita lama dalam membuka web tersebut, ini dikarenakan banyaknya penggunaan JAVESCRIPT. Pada HTML5 disediakan WEB WORKERS yang mempercepat dalam pemrosesan JAVASCRIPT lebih cepat dan multitasking.


Local Storage
Locak Storage ini mempunyai fungsi sebagai pengganti cache sebagai media penyimpanan history halaman web. Memungkinkan web untuk menyimpan data cache lebih besar di storage local-nya daripada cache pada browser biasa. 


Semantics
Semantics disini merupakan fitur yang dijadikan unggulan dalam HTML5. Pada HMLT sebelumnya banyak web designer yang menggunakan elemen div, nav, dan lainnya. Nah pada HTML5 hal seperti itu sudah tidak digunakan dengan adanya semantics akan menjadi masa depan tag layout dan format yang membuat web akan lebih dinamis serta lebih menarik.

Itu tadi merupakan penjelasan tentang fitur pada HTML5 menurut perspektif saya. Semoga berguna untuk para pembaca.:)