Pada
Hanbook yang diberikan oleh dosen beberapa saat lalu didalamnya dibahas tentang
THE CODES OF TELEVISION PRODUCTION yaitu tentang kode produksi dari suatu televise,
didalam kode produksi ini dimaksudkan untuk lebih mendekatkan penikmat televisi
dengan tayangan yang ditayangkan. Pada dasarnya di televise menganut tiga
tingkatan kode yang digunakan untuk memanjakan para pengguna televisi pada buku
tersebut dikatakan kode
menghubungkan program dan penonton
dengan memanfaatkan kode konvensional dari budaya. Dengan kata lain, menurut Fiske,
"Realitas dikodekan, atau lebih tepatnya satu-satunya cara kita dapat melihat dan memahami realitas adalah dengan kode dari budaya kita" (1987, hal. 4). Seorang direktur casting untuk televisi, Fiske mengatakan, menggunakan kode ini yang paling konvensional dan kemudian stereotip. Fiske menyelenggarakan kategori kode menjadi tiga tingkatan: Realitas, Representasi, dan Ideologi.
dengan memanfaatkan kode konvensional dari budaya. Dengan kata lain, menurut Fiske,
"Realitas dikodekan, atau lebih tepatnya satu-satunya cara kita dapat melihat dan memahami realitas adalah dengan kode dari budaya kita" (1987, hal. 4). Seorang direktur casting untuk televisi, Fiske mengatakan, menggunakan kode ini yang paling konvensional dan kemudian stereotip. Fiske menyelenggarakan kategori kode menjadi tiga tingkatan: Realitas, Representasi, dan Ideologi.
Realitas
Realitas, seperti dicatat, sudah dikodekan oleh kode
sosial tertentu yang berhubungan dengan penampilan,
perilaku, ucapan, suara, dan pengaturan. Penampilan meliputi warna kulit, pakaian, rambut,
makeup, pidato, ekspresi wajah, dan gerak tubuh. Pidato meliputi bahasa lisan, ac-persen, dialek, gaya formal atau vernakular, dan paralanguage, seperti lapangan, tingkat inar, dan ticulate ucapan. Suara termasuk suara alam, seperti angin atau hujan, dan buatan suara, seperti sirene atau musik. Pengaturan dalam ruangan dapat menunjukkan tempat, seperti kantor, ruang tamu, atau rumah sakit. Benda di tempat dapat menunjukkan rasa, kelas sosial, dan bisa mempromosikan perasaan tertentu seperti kenyamanan atau ketegangan. Pengaturan luar mungkin menyarankan perdamaian dan ketenangan atau takut dan bahaya. Jelas, informasi lebih lanjut diperlukan sebelum seseorang dapat menarik kesimpulan tentang. Kode ocial, dan, lebih jauh lagi, orang yang berbeda akan menafsirkan kode ini di berbagai cara. Kode sosial, sekali dipilih untuk sebuah program televisi, dikodekan oleh representasi.
perilaku, ucapan, suara, dan pengaturan. Penampilan meliputi warna kulit, pakaian, rambut,
makeup, pidato, ekspresi wajah, dan gerak tubuh. Pidato meliputi bahasa lisan, ac-persen, dialek, gaya formal atau vernakular, dan paralanguage, seperti lapangan, tingkat inar, dan ticulate ucapan. Suara termasuk suara alam, seperti angin atau hujan, dan buatan suara, seperti sirene atau musik. Pengaturan dalam ruangan dapat menunjukkan tempat, seperti kantor, ruang tamu, atau rumah sakit. Benda di tempat dapat menunjukkan rasa, kelas sosial, dan bisa mempromosikan perasaan tertentu seperti kenyamanan atau ketegangan. Pengaturan luar mungkin menyarankan perdamaian dan ketenangan atau takut dan bahaya. Jelas, informasi lebih lanjut diperlukan sebelum seseorang dapat menarik kesimpulan tentang. Kode ocial, dan, lebih jauh lagi, orang yang berbeda akan menafsirkan kode ini di berbagai cara. Kode sosial, sekali dipilih untuk sebuah program televisi, dikodekan oleh representasi.
Representasi
Representasi di televisi
dikode oleh kode teknis dengan kamera, pencahayaan, suara, musik, dan editing untuk
mengirimkan kode representasional
konvensional untuk menyampaikan narasi, konflik,
karakter, aksi, dialog,
pengaturan, casting, dan sebagainya
sebagainya. Kode teknis berikut, seperti yang ditunjukkan oleh
Fiske, belum dijelaskan
dalam semua
kompleksitas teknis mereka, dan tidak pula mereka berada dalam satu bab. Mereka
adalah, bagaimanapun, penting untuk
perwakilan di televisi dan
disarankan di sini sebagai jenis kode teknis yang berfungsi untuk mengkodekan berarti bersama-sama dengan kode lain yang digunakan dalam produksi televisi. Kamera digunakan (penempatan sudut, jarak, gerakan, framing,
dan fokus) seperti lainnya.
Kode teknis dapat ditentukan
oleh sutradara untuk mencapai
efek yang diinginkan. A close-up, misalnya, dapat digunakan untuk mewakili keintiman di satu sisi atau untuk
mengungkapkan
kecemasan dengan
menekankan alis seseorang berkerut atau air mata.Pencahayaan
mengubah cara kita melihat orang dengan cara itu ditempatkan,
misalnya, untuk membuat bayangan di seseorang menghadapi atau untuk memberikan warna tertentu untuk efek khusus. Editing adalah cara
yang ampuh untuk memberikan kontinuitas ketika tidak ada atau untuk
mengubah waktu, interaksi,
dan elemen lainnya.
Ideologi
Kode representasional akan disusun dalam penerimaan koherensi dan sosial dengan ide
Kode logis, seperti individualisme, patriarki, kelas, materialisme, kapitalisme, dan sebagainya o
Semua kode datang bersama-sama untuk mengkodekan makna disukai yang mendukung certa
ideologi. Fiske mengatakan bahwa kode partriarchal tertanam dalam dialog ketika WOM yang
mengajukan pertanyaan dan seorang pria menjawab mereka, tampaknya karena pria yang seharusnya
lebih luas daripada wanita. Dia menggunakan contoh dialog antara tw perhiasan pencuri di Hart Hart sebagai episode mewujudkan ideologi kapitalis ketika salah satu para pencuri mengatakan ia akan memegang sebuah kalung mahal yang ia ingin mencuri sebagai "
vestasi "untuk" dana pensiun. "Tidak ada jaminan bahwa anal budaya yang berbeda
akan membuat arti yang sama atau bahkan menemukan ideologi sama sekali. Pemirsa yang menempati berbeda posisi sosial dapat menafsirkan representasi sebagai sesuatu yang sama sekali berbeda.
Kode representasional akan disusun dalam penerimaan koherensi dan sosial dengan ide
Kode logis, seperti individualisme, patriarki, kelas, materialisme, kapitalisme, dan sebagainya o
Semua kode datang bersama-sama untuk mengkodekan makna disukai yang mendukung certa
ideologi. Fiske mengatakan bahwa kode partriarchal tertanam dalam dialog ketika WOM yang
mengajukan pertanyaan dan seorang pria menjawab mereka, tampaknya karena pria yang seharusnya
lebih luas daripada wanita. Dia menggunakan contoh dialog antara tw perhiasan pencuri di Hart Hart sebagai episode mewujudkan ideologi kapitalis ketika salah satu para pencuri mengatakan ia akan memegang sebuah kalung mahal yang ia ingin mencuri sebagai "
vestasi "untuk" dana pensiun. "Tidak ada jaminan bahwa anal budaya yang berbeda
akan membuat arti yang sama atau bahkan menemukan ideologi sama sekali. Pemirsa yang menempati berbeda posisi sosial dapat menafsirkan representasi sebagai sesuatu yang sama sekali berbeda.
sumber: HANBOOK OF VISUAL COMMUNICATION. HAL-529