Pages

Pengaruh Teknologi terhadap Kebudayaan

      Dewasa ini kemajuan teknologi sangatlah pesat sehingga memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kebiasan manusia termasuk dalam hal ini kebudayaan. Banyak hal yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi,namun disini saya akan membahas dalam satu bidang yang lebih spesifik yaitu dalam bidang perdagangan.

      Dalam pengertiannya sendiri perdagangan merupakan proses jual beli yang mempertemukan antara penjual dan pembeli.Pada jaman dahulu kegiatan jual beli dilakukan dipasar atau pun ditempat pemasaran yang mana terjadi interaksi antara penjual dengan pembeli. Namun dewasa ini dengan pesatnya perkembangan teknologi dimana salah satunya adalah internet membuat proses jual beli yang sering mempertemukan antara penjual dan pembeli disuatu tempat pemasaran sekarang sedikit demi sedikit akan berkurang,karena proses tersebut akan lebih mudah dilakukan. Bahkan dari atas tempat tidur kita mampu melakukan proses jual beli tersebut tanpa harus pergi ke pusat-pusat perbelanjaan,dengan menggunakan fasilitas internet yang memungkinkan kita mampu berkomukasi jarak jauh dan mampu pula membuat kita memanfaatnya untuk melakukan jual beli secara online.

Jual beli online muncul karena hal-hal berikut:
  • peerkembangan internet
  • faktor manusia yang ingin lebih cepat mendapat barang yang diinginkan
  • efisiensi waktu
  • tidak membutuhkan modal besar bagi penjual
  • tidak membutuhkan tempat yang luas penjual
  • publikasi yang cepat bagi para penjual
dari alasan-alasan diatas lah sehingga jual beli online menjadi cara yang tepat para penduduk di kota-kota besar untuk mendapatkan dan menjual barang. Banyak sekali sekarang muncul situs-situs yang mendukung jula beli online diantaranya: kaskus,berniaga.com,tokobagus.com dan situs-situs lainnya.
     
       Namun jual beli online sendiri mempunya plus minus sendiri. Disini saya mencoba memaparkan beberapa kelebihan dan kekurangan jual beli online.

Kelebihan:

1. Praktis dan menghemat waktu
Dengan duduk atau tiduran di depan computer kita sedah bisa berbelanja berbagai macam barang baik pakaian, alat elektronik alat kesehatan dan sebagainya. Misalnya kita kalau kita pengen beli baju gak perlu ke butik atau mall. Tinggal buka website toko baju online kemudian tinggal milih barang yang kita inginkan. Belanja dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja asal ada akses internet.


 

2. Banyak pilihan barang
Toko online menyediakan apa yang kita butuhkan. Semuanya hampir ada. Dari sekedar barang sederhana dan murah sampai barang yang berharga mahal. Semuanya ada, tinggal kita buka website yang menyediakan kebutuhan kita. Kalau kita mau beli alat elektronik tinggal buka aja website toko elektronik dan sebagainya. Yang lebih asyik lagi kita dapat dengan mudah membandingkan harga dari toko satu dengan toko lainnya dan Mudah Mendapatkan jenis atau model barang terbaru. Dan terkadang kita sulit mencari barang yang di inginkan di kota kita tetapi di toko online banyak yang 

menyediakan.

3. Harga relative lebih murah.
Kebanyakan toko online harganya lebih murah daripada toko konvensional. Asal pintar-pintar kita membandingkan harga di pasaran. Karena pemilik toko online biasanya tidak perlu menyediakan kios khusus sehingga mereka mampu menghemat biaya operasional dan lainnya sehingga toko online biasanya bisa menjual barang lebih murah daripada di pasaran. Bahkan beberapa juga menyediakan barang grosir sehingga sehingga harga lebih murah.  


Kekurangan:

1. Barang tidak bisa dicoba
Bila berbelanja pakaian terutama baju ataupun yang lainnya nggak bisa kita coba. Tapi biasanya toko online menyediakan ukurannya. Kita harus memperhatikan ukuran yang tertera di toko online tersebut. Tidak bisa memegang kainnya, bagaimana kehalusan kainnya dsb. 


2. Kualitas barang tidak sesuai
Dalam website toko online yang di pajang adalah foto/gambar barak yang di jual. Kesamaan barang hasil foto/gambar dengan yang kita lihat di monitor tidak bisa 100% sama. Mungkin kesamaan dengan barang yang asli hanya 75-90% saja. Hal itu di pengaruhi dari efek pencahayaan dan monitor komputer pembeli. 


3. Ongkos Kirim Mahal.
Tentunya barang yang kita beli tidak serta merta langsung dapat kita ambil. Pemilik toko online masih memerlukan jasa pengiriman. Dan yang menentukan biaya kirim barang adalah pemilik jasa pengirimaan barang seperti JNE, TIKI, Pos Indonesia, dan sebagainya

4. Resiko Penipuan
hati-hati kita terhadap toko online yang Cuma menipu. Pastikan wbsite tempat belanja online terpercaya. Resikonya: uang sudah ditransfer tapi barang tidak di kirim dan gak pernah dikirim selamanya.
Selamat Berbelanja Online..
   

 Nah dari fakta-fakta diatas dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi sangat lah mempengaruhi etos kerja masyarakat termasuk dalam kebudayaan

http://basawa.blogspot.com/2012/06/keuntungan-kerugian-belanja-online.html
http://blog.trisakti.ac.id/riki/2010/03/12/strategi-meningkatkan-persaingan-bisnis-perusahaan-dengan-penerapan-e-commerce/