Pages

tugas "Social Network"

SEJARAH FACEBOOK
Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg (23), seorang programer komputer yang handal sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Waktu itu ia juga sedang mengambil mata kuliah psikologi di Harvard.
Pada awalnya, “Facebook” bernama “The Facebook”, nama tersebut diambil dari nama lembaran dokumen yang dibagikan kepada setiap pelajar baru di harvard yang menampilkan profil murid dan karyawan. Dan dalam waktu 24 jam sejak peluncurannya, 1.200 pelajar Harvard langsung bergabung. Satu bulan kemudian, lebih dari separuh pelajar di sana sudah mendata profilenya.Bulan berikutnya, jaringan tersebut kemudian dengan cepat meluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Standford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Dalam waktu kurun dari empat bulan, 30 kampus telah tergabung dalam jaringan tersebut.Situs yang beralamat di thefacebook.com tersebut kemudian berubah nama menjadi facebook.com pada bulan Agustus 2005. Nama facebook.com tersebut dibeli dengan harga $200.000 ( Dua miliar rupiah, kalau dolar seharga Rp. 10.000,-) dari Aboutface Corporatio.Pada September 2005, Facebook kemudian membuka jaringannya untuk para siswa SMU, jadi tidak hanya mahasiswa saja. Kemudian disusul untuk pekerja kantoran dan pada akhirnya bulan September 2006, Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat email.

TEKNOLOGI DALAM FACEBOOK

Faktanya Facebok ‘hanyalah’ situs LAMP (Linux-Apache-MySQL-PHP), namun telah memperluas operasinya dan memasukkan banyak unsur-unsur lainnya dan memodifikasinya.
Sebagai contoh :
  • Facebok menggunakan PHP, tetapi mereka membangun compiler sendiri sehingga kode PHP di konvert menjadi kode native (C++) pada server, sehingga meningkatkan kinerja.
  • Facebook menggunakan Linux, tetapi telah dioptimalkan untuk keperluan mereka sendiri.
  • Facebook menggunakan MySQL, mengoptimalkan database design, moving join, memchahce adalah bebrapa hal untuk mengoptimalkan database facebook.
Sekarang mari bedah teknologi-teknologi pembantu yang dipakai situs jejaring sosial terbesar didunia ini.

Memcached

Memcached sudah menjadi suatu bagian penting dalam dunia internet saat ini. Ini adalah sistem caching memori terdistribusi yang facebook gunakan sebagai sistem caching antara web server dan database server mereka. Selama bertahun-tahun facebook telah mengoptimalkan memchaced untuk (lagi-lagi) keperluan mereka.
Facebook telah mempunyai ratusan Memcached server dengan jumlah data yang telah di cache sebesar 10 Terabytes pada waktu satu waktu (kemungkinan ini adalah instalasi memcached terbesar didunia).

HipHop for PHP

PHP adalah scripting language, relatif lebih lambat jika dibandingkan dengan native language seperti C++. Hiphopmengubah kode PHP ke C++ yang kemudian dikompilasi untuk meningkatkan performa.
Sebuah tim kecil di Facebook menghabiskan waktu 18 bulan HANYA untuk mengembangkan Hiphop yang mereka klaim bisa mereduksi CPU usage hingga 50%, dan sekarang telah di rilis ke public untuk anda cicipi.
KEAMANAN FACEBOOK
Facebook pada minggu ini meluncurkan sebuah system keamanan baru untuk menjaga privasi para membernya. Akhir-akhir ini Facebook memperoleh banyak keluhan dari para penggunanya karena privasinya terganggu. Selain itu atas kehawatiran tentang privasi dan keamanan di jaringan sosial online, yang memiliki 400 juta anggota di seluruh dunia.
Banyak user yang mengeluh accountnya diakses oleh orang lain. Beberapa bahkan accountnya di rusak atau di non aktifkan oleh orang lain.
Sistem keamanan ini adalah dengan memasukkan perangkat pribadi (phone cell, PC, Laptop)  yang diperbolehkan untuk melakukan login ke account Facebook. Jadi user yang bisa login ke accountnya hanya melalui perangkat-perangkat yang telah didaftarkannya. Jika ada orang lain atau sang user mencoba melakukan login dengan menggunakan perangkat lain yang tidak terdaftar maka Facebook akan mengirimkan pesan melalui email, sehingga user dapat melakukan pencegahan secara lanjut.
Untuk menggunakannya, user Facebook harus mengaktifkan fasiliatas keamanan ini melalui Account Security yang berada di dalam Account Setting. Kemudian anda mendaftarkan perangkat-perangkat pribadi yang diperbolehkan untuk mengakses Account anda.
Bagi user yang ingin melakukan login dengan perangkat yang belum diaftarkan maka user tersebut harus menjawab beberapa pertanyaan.
KELEBIHAN FACEBOOK
beberapa kelebihan facebook :
- bisa ketemu dengan teman-teman lama tanpa bertemu muka
- media yang mempermudah kita untuk berkomunikasi
- media komunikasi massa yang murah dan gratis
- banyak orang yang bergabung termasuk yang gaptek sekalipun
- banyak fitur yang berguna dan menyenangkan
- jadi inspirasi bagi pemerintah jika mau punya data online penduduknya di mana penduduknya senang menggunakannya
- bisa main game-game asyik yang menghilangkan stress
- memaksa/membuat orang yang tidak kenal komputer & internet
- penggunakan facebook dapat menambah wawasan kita tentang hal - hal yang baru serta dapat bediskusi tentang sesuatu
PEMANFAATAN FACEBOOK DIMASA DEPAN
Facebook bisa dijadikan sebagai media pemanfaatan dan juga Perkembangan dimasa depan, dalam pemanfaat, kita menggunakan facebook untuk kegiatan share, komunikasi,promosi,beriklan, pengembangan ilmu,serta  hiburan, jika penggunaan tersebut masih digunakan dalam hal-hal yang positif, untuk pengembangan masa depan kita dapat menaruh permain yang bersifat edukasi pada facebook dan bisa juga tambahan tambahan fitur canggih yang bersifat hidup 3 Dimensi pada bagian wall.
Dalam perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi memberikan dampak positif dalam pengembangan bidang pendidikan yang lebih baik karena menyediakan media untuk proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pendidikan. Facebook sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi dapat dioptimalkan untuk mendukung proses belajar mengajar sebagai salah satu media belajar dan mengajar. Fitur dan aplikasi di Facebook dapat dioptimalkan sebagai tambahan belajar mengajar dan media untuk memberikan bahan belajar dan latihan dalam bentuk kuis, permainan, dan sinkronisasi untuk weblog. Facebook memang memiliki dampak negatif bagi para remaja dan pelajar tetapi facebook juga memiliki manfaat bagi mereka yaitu sebagai media dalam pembelajaran sehingga ketika mereka mengakses facebook bukan hanya kenikmatan semata yang mereka dapatkan tetapi juga ilmu pengetahuan.

SUMBER: